Pandemi Covid 19 mengubah kebiasaan hidup banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, salah satu perubahan terbesar lainnya adalah tren penggunaan media sosial. Dari data yang dipublikasikan oleh DataReportal, pengguna internet di Indonesia sendiri meningkat sebanyak 16% atau 27 juta antara tahun 2020 dan 2021. Di mana pengguna media sosial bertambah sebanyak 10 juta orang atau meningkat 6,3% dari rentang tahun 2020 hingga 2021.
Dengan bertambahnya jumlah pengguna, semakin memperkuat pula peran media sosial di dalam kehidupan. Bahkan, saat ini satu hari akan terasa hampa tanpa scrolling setidaknya satu media sosial, khususnya bagi generasi milenial dan gen Z, yang mana dua kategori ini tercatat sebagai pengguna media sosial terbanyak saat ini.
Menjadi semakin powerful, fungsi media sosial menjadi semakin kompleks, tergantung jenis penggunanya. Apakah kamu termasuk penikmat konten, pembuat konten atau keduanya?
MEDIA SOSIAL BAGI PENIKMAT KONTEN
Tidak bisa dipungkiri, pembatasan aktivitas dan keharusan tinggal di rumah saja selama masa pandemi, memberi tekanan tersendiri bagi mental kita. Rasa bosan yang menumpuk justru bisa membuat imunitas menurun. Karena hal itulah, menjelajah media sosial menjadi solusi termudah yang bisa kita manfaatkan.
Bagi penikmat konten, bermedia sosial tidak sebatas untuk menjaga silaturahmi dengan keluarga, kerabat, teman hingga rekan kerja. Lebih dari itu, tim scrolling down memanfaatkan media sosial untuk mencari berita, informasi hingga hiburan. Karena itulah konten yang bersifat informatif, edukatif dan inspiratif lebih banyak dicari. Tidak heran ya, saat ini bermunculan akun-akun yang membagikan banyak konten berita, edukasi, tips, sampai hal-hal lucu untuk hiburan penikmatnya.
Masih seputar masa pandemi, online shopping pun menjadi lifestyle terbaru yang hingga kini dinikmati banyak orang karena kemudahannya. Tentu saja, penikmat konten media sosial juga memanfaatkan jemarinya untuk berbelanja online tanpa ribet.
MEDIA SOSIAL BAGI PEMBUAT KONTEN
Istilah content creator (pembuat konten) menjadi populer akhir-akhir ini. Bahkan bisa menjadi pekerjaan tetap yang menjanjikan income besar. Tentu kepopuleran profesi content creator tidak lepas dari tren penggunaan media sosial, karena sejatinya di sanalah mereka bekerja dan memamerkan kreativitasnya. Dengan membagikan konten yang berkualitas, seorang content creator dapat menarik brand-brand besar untuk bekerja sama dalam bentuk konten berbayar maupun product sponsorship. Tak menutup kemungkinan, konten yang viral dan mendapatkan banyak like akan membuat seseorang menjadi terkenal bak artis.
Lain lagi bagi pelaku bisnis, baik perusahaan besar hingga UMKM, media sosial adalah tempat promosi yang efektif dan efisien di masa-masa sulit selama pandemi melanda. Saat ini memang banyak pelaku bisnis yang mengalihkan kegiatan promosinya menjadi digital, termasuk yang saya lakukan pada perusahaan tempat saya bekerja. Alasannya adalah untuk menghemat budget marketing dan tentu saja karena pergeseran lifestyle, membuat digital marketing dinilai lebih efektif.
SCROLL MORE, POST MORE
Kategori yang terakhir adalah penikmat sekaligus pembuat konten di media sosial, seperti saya. Iya, saya memanfaatkan dampak positif dari bermedia sosial sejak tahun 2015. Saat itu penggunanya tidak seramai saat ini, namun meski belum populer, manfaatnya sudah sangat banyak bagi seorang blogger seperti saya.
Tahun ini, saya merasa media sosial benar-benar menjadi sangat powerful. Apapun ada di media sosial. Apapun bisa dilakukan di media sosial. Dan apapun bisa terjadi di media sosial. Tak terelakkan, kebiasaan menggunakan media sosial ternyata banyak merubah pola hidup kita karena setiap konten yang kita tangkap dengan mata dan telinga, dapat membawa pengaruh besar dalam diri kita.
Berawal dari mencari satu atau dua topik berita, saya betah berjam-jam scrolling media sosial. Awalnya hanya memantau akun berita dan mencari materi kuliah, namun keterusan mencari konten life hacks, melihat apa yang sedang viral, menikmati meme dan video lucu, lanjut ke review berbagai produk kecantikan, dan ujung-ujungnya belanja online. Ah, itu sih, biasa terjadi!
Namun saya tidak merasa wasting time karena ada banyak inspirasi yang membantu saya mendapatkan semangat dan ide-ide baru untuk membuat konten di blog saya. Bagaikan sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Menambah wawasan, iya. Menjadi lebih produktif, iya.
BIJAK DAN CERDAS BERMEDIA SOSIAL
Kekuatan media sosial yang semakin besar memang memberikan dampak yang positif, namun sebagai penggunanya kita tidak boleh lengah karena sisi negatif media sosial tetap ada. Satu hal yang paling meresahkan adalah berita hoaks.
#KAMUHARUSTAU menurut Menkominfo, terdapat 1.763 isu hoaks Covid-19 sepanjang 23 Januari 2020 sampai 18 Juli 2021 yang disebarkan melalui 3.817 unggahan di media sosial, dikutip dari Indozone.
Dengan banyaknya pengguna, satu berita hoaks yang diunggah di media sosial dapat menyebar lebih cepat dan ganas dari virus Corona. Bayangkan saja, mungkin kita adalah salah satu pengguna media sosial yang membacanya. Mungkin, kita tidak sengaja ikut menyebarkannya. Duh, jangan sampai terjadi!
Memang, semakin kuat pengaruh sosial media, membawa berbagai dampak positif bagi penggunanya. Namun perlu diingat, sisi negatif pun tetap ada. Penting bagi kita untuk bermedia sosial secara bijak dan cerdas agar bebas dari hoaks. Karena itulah, Indozone hadir sebagai platform informasi digital yang menyediakan kebutuhan masyarakat, khususnya bagi generasi muda, yakni kaum milenial dan gen Z yang merupakan pengguna media sosial terbesar, dalam bentuk berita dan informasi yang aktual, kredibel dan inspiratif. Semuanya dikemas secara menarik dan ringan tanpa mengurangi nilai informasinya.
INDOZONE, SATU PLATFORM DENGAN BERBAGAI KELEBIHAN
Awalnya, satu feed dengan tagline #KAMUHARUSTAU muncul di Instagram saya. Ketika saya klik akunnya, saya justru berakhir berjam-jam demi scrolling dan membaca setiap informasi yang ada di sana. Kemudian, prosesi berlanjut dengan membuka website-nya dan saya tutup dengan download aplikasinya di smartphone saya. Begitulah awal mula saya jatuh cinta pada klik pertama dengan Indozone.
Platform digital di bawah naungan PT. Indozone Media Indonesia ini bermula dari akun Instagram (@indozone.id) dan terkenal dengan tagline #KAMUHARUSTAU. Perannya dalam memberikan informasi ke masyarakat dilakukan secara konsisten. Dengan eksistensi tersebut, lahirlah portal berita Indozone di www.indozone.id pada tahun 2019.
Meski semakin banyak platform berita digital yang ada di tanah air, Indozone tetap menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat, khususnya generasi muda yang aktif dan produktif. Bukan tanpa alasan, namun hal-hal berikut ini yang harus kamu ketahui, kenapa Indozone layak untuk selalu kamu kunjungi dan ikuti di media sosial!
1. Tampilan Situs yang User Friendly
Saat membuka portal berita Indozone, kita disambut dengan tampilannya yang clean, rapi dan mudah dijelajah. Ini yang membuat saya betah berlama-lama membaca banyak artikel dan konten menarik di Indozone. Meski masih terdapat iklan, namun hal tersebut tidak mengganggu saya selama mengakses situsnya karena proporsi iklan yang tidak berlebihan.
Situsnya pun ringan, sangat responsif dan user friendly. Bahkan versi mobile-nya pun dapat berjalan dengan lancar dan cepat ketika diakses menggunakan smartphone. Tambahan search button pada situsnya membuat kita lebih mudah mencari berita atau informasi yang kita inginkan. Tombol untuk membagikan artikel juga lengkap, sehingga kita bisa share info paling update lebih mudah dan cepat.
2. Kategori Informasi Terlengkap
Di Indozone, kita dapat mencari berbagai informasi sesuai kebutuhan kita
karena kategori informasinya sangat lengkap. Mulai dari News, Fakta &
Mitos, Game, Tech, Food, Soccer, Beauty, FYI, Videografik, Infografik,
Otomotif, Sport, Life, Health, Seleb, Travel, Movie, hingga Music.
3. Akses Informasi Ter-Update Secara Gratis
Kalian tidak perlu membayar untuk membaca semua berita dan informasi menarik yang tersaji di Indozone. Semuanya dapat diakses secara gratis selama 24 jam.
4. Terdapat Kategori Spesial, Infografik dan Videografik
Kenapa saya bilang spesial? Karena saya belum menemukan hal serupa di platform berita lain. Sejalan dengan sasaran utama pembacanya, yakni kelompok milenial dan gen Z, Indozone menyediakan 2 kategori unik yang cocok sekali dinikmati pembacanya. Pada dua kategori ini, semua informasinya dikemas dengan visual yang menarik, anti bosan dan mudah dipahami. Menambah wawasan menjadi lebih menyenangkan, kan?
Untuk akses Infografik Indozone, kalian bisa klik di sini.
Untuk akses Videografik Indozone, kalian bisa klik di sini.
5. Berita dan Informasi Valid, Kekinian, dan Bebas Hoaks
Seperti yang telah saya jelaskan di atas, dalam bermedia sosial kita harus bijak dan cerdas. Membaca berita dan informasi di Indozone dapat menghilangkan kekhawatiran saya akan berita hoaks yang tidak bertanggung jawab karena semua berita dan informasi di Indozone bebas hoaks dan disajikan dengan obyektif. Inilah kenapa Indozone masih menjadi platform informasi digital yang sangat dipercaya oleh masyarakat.
6. Indozone Dapat Diakses Melalui Banyak Cara
Saat ini, portal berita Indozone dapat diakses melalui komputer, laptop, tablet hingga smartphone kalian. Bagi yang ingin lebih kekinian, bisa juga download aplikasinya di Playstore. Indozone juga bisa dikunjungi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Twitter. Bahkan di Instagram, kita bisa follow akun Indozone per kategori lho!
Bermedia sosial menjadi hal yang sangat penting dan sudah seharusnya kita
lakukan agar wawasan kita bertambah luas dan bahkan dapat membantu kita lebih
produktif dalam bekerja. Namun perlu diingat bahwa bermedia sosial harus
dilakukan dengan bijak dan cerdas. Jangan lupa kunjungi portal berita Indozone dan
ikuti di seluruh media sosialnya agar kalian semakin update dengan berbagai
informasi terbaru yang terpercaya dan bebas hoaks.
Kunjungi situs Indozone di www.indozone.id
Follow Media Sosial Indozone:
No comments:
Post a Comment
Feel free to comment because I do love reading every comment of yours. But please, do not spam;)
Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy it^^