Sunday, January 8, 2023

[ LIFESTYLE ] MANFAAT SARAPAN SEHAT UNTUK TUBUH DAN PIKIRAN KAMU, YAKIN MAU SKIP LAGI?

Sunday, January 8, 2023


Yahalloo!!!

Sudah sarapan, belum?

Ini mungkin salah satu pertanyaan yang sering kita dengar di pagi hari. Kalau aku, Ibu lah yang paling sering bertanya, entah saat akan berangkat sekolah atau memulai aktivitas apapun di pagi hari. Memang anjuran untuk sarapan di pagi hari selalu aku lakukan sejak masih duduk di Sekolah Dasar, karena segala keperluan sekolah dan lain sebagainya masih disiapkan oleh orang tua. Jadi aku hanya mengikuti saja step by step rutinitas pagi yang baik dan benar.

Namun kebiasaan baik itu mulai aku tinggalkan saat harus indekos karena melanjutkan perguruan tinggi di luar kota. Rasanya, mengisi perut hampir tidak pernah aku lakukan di pagi hari. Bagiku, yang kala itu adalah anak kos (dan masih cupu alias belum banyak pengetahuan), pagi hari adalah saat-saat rush hours. Semuanya serba buru-buru, harus gerak cepat dan menolak apapun yang terkesan ribet, salah satunya adalah sarapan.

Baru beberapa tahun terakhir inilah aku sadar betapa pentingnya sarapan sehat bagi tubuh dan pikiran. Semuanya berawal dari rasa penasaranku kenapa di Indonesia sampai diadakan Pekan Sarapan Nasional, yang diperingati selama satu pekan pada tanggal 14-20 Februari. Pekan Sarapan Nasional ini dimulai sejak tahun 2013 dan diperingati setiap tahun hingga sekarang.

Lalu apa saja manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh kita? Nah, simak beberapa penjelasan berikut ini!



Memberi Nutrisi Bagi Tubuh Untuk Memproduksi Energi


Kita memerlukan energi yang cukup untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Dan untuk memproduksi energi tersebut, tubuh kita memerlukan asupan nutrisi dari makanan sehat yang kita konsumsi setiap harinya. Sarapan pagi dengan menu makanan yang mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi untuk memproduksi energi. Sehingga tidak hanya sehat, namun tubuh juga akan menjadi lebih berstamina dan fit saat menjani berbagai aktivitas.

 

 

Meningkatkan Daya Pikir


Salah satu sumber energi bagi otak adalah glukosa yang dapat diperoleh dari makanan sehat yang kita konsumsi saat sarapan. Dengan tercukupinya gizi seimbang serta glukosa dalam tubuh, akan membantu otak untuk bekerja maksimal sehingga kita dapat lebih fokus dalam pekerjaan. Hal ini juga mendukung peningkatan daya ingat otak kita.

Kegiatan sarapan di pagi hari tentu sangat bermanfaat tidak hanya bagi orang dewasa, namun juga anak-anak yang harus menempuh kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Tercukupinya nutrisi akan membantu daya pikir anak-anak agar lebih berkonsentrasi menerima ilmu di sekolah sehingga prestasi yang gemilang pun dapat diraih.

 

 

Mencegah Timbulnya Beberapa Penyakit

Sarapan di pagi hari adalah salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Kadar gula darah yang terjaga dapat membantu kita mengurangi resiko terkena diabetes atau kencing manis. Selain itu, rutinitas sarapan di pagi hari akan menghindarkan kita dari penyakit maag yang umumnya dialami oleh orang-orang yang tidak menjaga pola makan.

 

 

Membantu Menjaga Berat Badan


Sarapan pagi dengan menu sehat akan membuat kita kenyang sehingga keinginan untuk memakan camilan menjadi berkurang. Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab kelebihan berat badan adalah karena memakan camilan yang berlebihan. Nah, dengan membiasakan diri sarapan pagi, kita dapat mengontrol jumlah makanan kecil atau camilan yang kita konsumsi agar tidak berlebihan.

Di samping membatasi konsumsi camilan, sarapan juga membantu melancarkan metabolisme tubuh, lho. Hal ini sangat bermanfaat untuk pembakaran kalori sehingga menghindarkan kita dari penumpukan lemak di dalam tubuh.

 

 

Menambah Semangat dalam Menjalani Aktivitas


Cita rasa dari menu sarapan sehat yang kita konsumsi dapat mendatangkan mood atau suasana hati yang positif serta membuat pikiran menjadi lebih fresh. Jika kita mengawali hari dengan perasaan yang bahagia dan pikiran yang segar, maka segala aktivitas sepanjang hari akan kita lakukan dengan lebih bersemangat.

 

 

Membantu Meningkatkan Prestasi


Seseorang yang rutin mengawali harinya dengan sarapan pagi akan memiliki pola hidup yang lebih teratur dan disiplin. Hal ini juga akan terbawa dalam setiap rutinitas yang dilakukan sepanjang hari. Dengan kedisiplinan maka pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Sama halnya dengan pelajar atau mahasiswa yang rutin melakukan sarapan pagi, akan memiliki peluang lebih besar untuk meraih prestasi daripada mereka yang selalu melewatkan sarapan pagi.

 

Nah loh, setelah tahu manfaat sarapan sehat untuk tubuh dan pikiran, yakin masih mau skip sarapan? Mulai sekarang biasakan sarapan sebelum mulai beraktivitas, ya. Yok, bisa yok!

 

 

 

THANK YOU FOR READING!
HAVE A GREAT DAY!



Instagram   ׀׀   Youtube   ׀׀   Twitter   ׀׀   Facebook   ׀׀   Bloglovin

 

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment because I do love reading every comment of yours. But please, do not spam;)
Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy it^^

SAYCINTYA Beauty & Fashion Blog © 2014