Monday, July 10, 2017

JUAL BARANG PRELOVED DENGAN MUDAH DAN CEPAT DI CAROUSELL (TUTORIAL +TIPS)

Monday, July 10, 2017


Hello everyone!
Beberapa waktu yang lalu aku beres-beres wardrobe dan kamarku. Niatnya sih, biar lebih bersih dan rapi saja tapi ternyata malah berakhir dengan setumpuk kardus penuh barang-barang yang udah jarang bahkan enggak pernah aku pakai. Pantes aja kamarku rasanya sumpek. Dan lagi, kok baju yang aku pakai cuma itu-itu aja padahal lemari isinya penuh. Ternyata masalahnya adalah banyak barang-barang yang sudah enggak aku pakai tapi belum kubuang. Gimana mau dibuang? Rata-rata semua barangnya masih bagus. Cuman karena aku udah bosen atau enggak cocok, jadilah barang-barang itu enggak difungsikan alias nganggur.
Kebanyakan barang yang bikin penuh isi kamar dan wardrobe adalah baju dan makeup. Iya, sebagai orang yang antusias sama makeup, aku hobi banget beli makeup ini-itu. Bukan hobi lagi sih, tapi latah. Belinya karena penasaran, kalau udah bosen atau enggak cocok, ditinggalin begitu aja. Baju-baju juga gitu, banyak yang enggak dipakai padahal masih bagus. Alhasil semuanya numpuk di rumah.
Kalian pernah ngalamin hal yang sama enggak? Apa sih yang kalian lakukan sama barang-barang preloved kalian?
Kalau aku sih, mending dijual lagi biar jadi uang *anaknya gak mau rugi* hihii...
Bukan apa-apa sih, tapi kalau barang-barang bekas kita masih bagus dan layak pakai, kan sayang kalau dibuang begitu aja. Kalau dijual lagi, kita bisa sekalian membantu orang lain yang barangkali sedang memerlukan barang tersebut namun ingin membeli dengan harga murah. Jadi dapat uang iya, bantu orang lain juga iya. Si barang juga jadi enggak sedih lagi karena merasa keberadaannya di muka bumi ini bisa bermanfaat *apa sih -.-
Masalahnya, di mana kita bisa menjual barang bekas kita dengan mudah dan cepat?
According to reality, salah satu aplikasi jualan online yang bisa membantu kita untuk menjual barang secondhand secara mudah dan cepat adalah Carousell!




Yups, sudah tahu kan aplikasi Carousell? Kalau ada yang belum tahu atau masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi Carousell, you’re in the right place. Karena aku akan membahasnya di post ini ^^



Apa itu Carousell?

Carousell adalah aplikasi dan website khusus untuk jual beli secara online. Di mana kebanyakan barang-barang yang dijual di Carousell adalah barang preloved (secondhand/bekas). Barang-barang yang dijual di Carousell memiliki banyak kategori. Jadi kita bisa menemukan barang apa saja yang ingin kita jual maupun beli, seperti baju, makeup, gadget, pakaian bayi, kamera, furnitur atau barang apapun.


Bagaimana Cara Membuat Akun Carousell?

Pertama, kita download dulu aplikasi Carousell. Kalian bisa download Carousell Apps di https://id.carousell.com/app atau langsung download di iOS App Store dan Android Play Store.
Aplikasi dan pembuatan akun di Carousell ini free alias gratis ya!
Setelah download aplikasinya, kalian bisa langsung membuat akun Carousell. Cara pembuatan akunnya mudah dan enggak ribet. Kalian bisa daftar pakai email, prosesnya simpel kok. Tinggal isi username, password dan pilih kota tempat tinggal kalian. Akan ada link untuk verifikasi account dari tim Carousell yang dikirim ke email kalian. Setelah diverifikasi, account Carousell kalian sudah langsung bisa dipakai untuk berjualan deh.



4 Menu Utama di Aplikasi Carousell



Browse : di sini kita bisa menemukan banyak kategori berkaitan dengan barang yang dijual di Carousell. Karena setiap barang yang dijual punya kategori sendiri-sendiri jadi kita lebih mudah untuk mencari barang yang diinginkan. Kategori yang tersedia juga banyak dan komplit. Jadi kita bisa mencari barang apapun di menu ini.

Groups  : kita bisa bergabung dengan grup tertentu di menu ini. Dengan bergabung di grup tertentu, kita jauh lebih mudah untuk melihat barang apa saja yang dijual sesuai dengan apa yang kita minati.



Activity : di sini ada informasi tentang aktivitas apa saja yang terjadi berkaitan dengan akun Carousell maupun barang-barang yang kita jual. Misalnya kalau ada user yang like barang jualan kita, ada yang follow akun dan notifikasi lain dari Carousell.

Me : berisi informasi yang berhubungan dengan akun Carousell kita. Di sini kita bisa edit account, mengetahui siapa saja follower dan following kita, mengubah pengaturan account dan photo profile. Di menu ini kita juga bisa cek barang apa saja yang sudah kita upload.

Selain empat menu di atas, di bagian pojok kanan atas ada navigasi untuk membuka inbox. Di sini kita bisa lihat seluruh inbox yang masuk, termasuk pembelian dan penjualan yang kita lakukan.


Bagaimana Cara Menjual Barang Bekas di Carousell?

Cara untuk mulai berjualan barang preloved kita di Carousell sangat mudah. Pertama kita tinggal klik button “SELL” yang ada di bagian bawah tampilan menu utama. Lalu pilih apakah kita mau langsung buat foto atau upload dari galeri ponsel.

Step by step untuk upload barang yang akan kalian jual di Carousell


Pilih foto yang akan kita upload, lalu lengkapi informasi mengenai barang yang kita jual. Informasi yang perlu dilengkapi antara lain:
Nama barang, kategori barang yang kita jual, deskripsi tentang kondisi barang, harga barang, metode transaksi yang kita terima.
Setelah komplit semua, tinggal kita upload dengan cara klik tanda centang di pojok kanan atas. Done! Barang yang kamu jual sudah bisa dilihat oleh para pembeli ^^


Kita juga bisa melihat statistik barang yang kita jual. Misalnya melihat berapa jumlah like, views dan penawaran dari buyers.


Mudah banget kan penggunaan aplikasi Carousell? Karena aplikasinya sangat user friendly, kita pun bisa menjual barang preloved secara mudah. Nah, biar lebih mudah dan laku jualan, aku punya tips untuk kalian yang ingin menjual barang preloved di Carousell.



Tips Menjual Barang Preloved di Carousell





Gunakan foto yang menarik untuk menjual barang preloved kalian.
Jangan pakai foto yang buram dan gelap. Usahakan untuk membuat foto barang yang ingin kalian jual di tempat yang lighting-nya bagus. Perhatikan juga background foto. Kalau kalian jualan preloved dress, bisa pakai tembok yang bersih sebagai background. Foto yang menarik akan lebih banyak menarik minat dari pembeli lho.

Masukkan barangmu di kategori yang tepat
Saat akan menjual preloved dress, maka kategori yang dipilih adalah “PrelovedFashion Wanita.” Hal ini bertujuan agar barang yang kalian jual mudah diketahui pembeli yang memang sedang mencari barang-barang di kategori yang sama.



Share barang-barang yang kamu jual ke media sosial
Dengan share ke media sosial, akan semakin banyak yang tahu bahwa kamu sedang menjual barang preloved. Siapa tahu di antara teman dan follower kamu ada yang tertarik.

Buat ‘Win-Win Deal’ dengan pembeli
Di Carousell, pembayaran dan pengiriman barang diputuskan sendiri oleh penjual dan pembeli. Jadi pastikan saat ada chat dari pembeli yang tertarik pada barang yang kalian jual, kalian membuat kesepakatan yang jelas agar barang yang terjual bisa diterima pembeli dengan baik dan selamat. Kalau pelayanan kita memuaskan, pasti pembeli akan memberi feedback positif dan lebih loyal pada kita.

Jadilah seller yang jujur
Karena yang kita jual adalah barang preloved atau secondhand, pastikan saat menulis deskripsi tentang barang kita selalu jujur. Kalau memang ada defect (kerusakan) pada barang preloved kita, sebaiknya dicantumkan saja. Atau dikatakan pada calon pembeli saat chat. Jadi ketika barang sampai di tangan pembeli, mereka enggak kecewa berat. Pastikan juga foto barang yang kalian pasang adalah real sesuai kondisi barang dan bukannya mengambil dari internet.





Overall, aku merasa terbantu banget dengan hadirnya Carousell. Jadi barang-barang preloved-ku sudah enggak mubazir lagi. Aku juga sangat puas karena aplikasi Carousell mudah digunakan dan loading-nya cukup cepat, so tidak ada kendala ketika aku akan menjual barang di sini.
By the way, kalau kalian sedang mencari barang preloved untuk fashion dan makeup, kalian bisa mampir ke akun Carousell-ku di CintyaAgassi atau klik di sini carousell.com/cintyaagassi
Aku menjual barang-barang preloved-ku yang tentunya masih oke-oke. Bahkan preloved dress dan shoes punya keponakanku yang masih bayi juga aku jual di akun Carousell-ku. Hihii, gara-gara Carousell nih, aku jadi rajin beres-beres rumah, siapa tahu ada barang preloved yang bisa disulap jadi rupiah dengan mudah dan cepat. Happy Carousell!







THANK YOU FOR READING!

HAVE A GREAT DAY!





Instagram   ׀׀   Facebook   ׀׀   Bloglovin   ׀׀   Google+   ׀׀   Twitter
 

11 comments:

  1. ini khusus buat jual preloved kan yah?..mau buat jg ah. preloved in makeup q yg g cocok tk pake 😂😂😂

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. I've never heard about that website, but it looks really amazing, what's more I see that it helps to earn some extra money :)
    Have a lovely afternoon, Cintya :)

    http://crafty-zone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. your post very good and very nice .This my own site http://www.pixxelznet.com/ I am provide these types services #SEO #PPC #SMO Web Design and Web Development you want any services contact us.

    ReplyDelete
  4. Great tutorial! Thanks for sharing :))

    https://ddalginanabeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Oh very interesting post darling

    ReplyDelete
  6. Great post dear!

    http://iameleine.blogspot.com/
    http://www.instagram.com/iameleineblog/

    ReplyDelete
  7. Bagus banget kalo ada market place kek gini yang menyediakan jasa jual barang PL membantu buat sipenjual dan pembeli lebih nyaman saat bertransaksi.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Aku sama adikku juga suka pake carousell hihi ngerasa terbantu banget sama aplikasi satu ini. :3



    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  9. Great post dear.
    I follow you, I hope you will follow me back.
    https://amyviewoflife.blogspot.ba/

    ReplyDelete
  10. Thanks a lot :D

    this is super interesting my dear! :D super cool post

    NEW WISHES POST | OMGGG Beauty NEWS to TRY NOW!
    InstagramFacebook Official PageMiguel Gouveia / Blog Pieces Of Me :D

    ReplyDelete

Feel free to comment because I do love reading every comment of yours. But please, do not spam;)
Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy it^^

Cintya's Beauty Blog - Indonesian Beauty Blogger © 2014