Wednesday, September 13, 2017

WASPADA PRODUK PALSU! THE SAEM SAEMMUL WATER CANDY TINT ORIGINAL VS FAKE

Wednesday, September 13, 2017



Hello everybody!

Beberapa waktu yang lalu aku iseng browsing di Shopee, niatnya mau cari The Saem Saemmul Jelly Candy Tint secara mau order di website luar negeri udah enggak mungkin gara-gara customs redline issue T.T  Yang dicari enggak ketemu, eh aku malah menemukan beberapa seller yang ngambil foto-foto The Saem Saemmul Water Candy Tint (review here) dari blog-ku untuk jualan mereka.

Sebenarnya aku enggak masalah saat mereka pakai foto-fotoku, nah masalahnya ada beberapa seller yang pakai fotoku dan yang dijual ternyata adalah produk PALSU!!!

Whattt??!! OMG!!!

Memang kalau dari pageviews, The Saem Saemmul Water Candy Tint ini kayaknya makin ke sini makin banyak peminatnya. Selain packaging-nya imut, pigmentasi tint-nya bagus banget dan memang hasilnya awet, baik awet di bibir dan awet yang di botolnya karena isinya banyak.

Nah, aku enggak berpikir kalau lip tint ini ada yang fake alias palsu. Kenapa? Karena harga barang original-nya sudah termasuk murah banget. Harganya enggak sampai 100,000 rupiah. Kisarannya sekitar 50-70 ribu aja untuk isi sebanyak 10 gram. Dan ternyata lip tint semurah itu masih dipalsuin juga. Untuk yang fake product, of course ya, harganya bisa jadi murah gak masuk akal. Aku aja belinya cuman 15 ribu per pcs!

Yang bahaya adalah kalau ada seller yang jual produk palsu tapi ngakunya asli. Jadi kita bayar seharga barang original-nya, eh dapatnya palsu! So, supaya kalian enggak tertipu sama seller-seller nakal, aku buat perbandingan antara produk The Saem Saemmul Water Candy Tint yang asli vs palsu. Sekilas memang mirip sih, ukurannya juga sama persis. Tapi sebenarnya beda kok. Apalagi kualitas lip tint-nya, beda banget bangett!

So, inilah perbandingan produk The Saem Saemmul Water Candy Tint yang asli dengan yang palsu!


Hayoo... mana yang palsu?


Warna Label yang Berbeda

Kalau dilihat lebih teliti, untuk The Saem yang asli punya label yang warnanya lebih kalem, sedangkan untuk produk palsu warnanya lebih ngejreng. Ibaratnya produk yang palsu saturation-nya lebih tinggi, makanya warnanya lebih mencolok.




Tulisan “Saemmul” di Labelnya Beda Warna

Kalau diperhatikan dari label botolnya, untuk produk asli memiliki tulisan “Saemmul” dengan warna kuning sedangkan yang palsu warnanya putih.




Font Untuk Nama Shade Berbeda

Ini yang pertama kali aku notice saat menerima barang palsunya. Font untuk tulisan shade (punyaku Cherry sama Watermelon) beda jauuhh banget, LOL. Yang produk asli lebih tebal, besar dan jelas. Sedangkan produk palsu ditulis pakai font yang enggak jelas dan tipis.




Cetakan Barcode, Exp Date dan Informasi Produk

Untuk expired date dan barcode-nya sama seperti tulisan shade, font yang dipakai beda, wkwkwk. Sedangkan untuk informasi produk (yang pakai Hangeul) font-nya sama, enggak ada yang typo juga tapi produk asli punya cetakan yang lebih jelas dan tegas. Sedangkan produk abal-abalnya cetakannya sedikit buram dan kabur di bagian tepi huruf.



Hiii... itu yang fake, lip tint-nya berbusa!


Warna Lip Tint Berbeda

Yang paling mencolok menurutku yang shade #5 – Watermelon. Dari warna package luar sudah jelas kelihatan kalau produk palsu punya warna gonjreng kebangetan dan enggak jelas. Cairan lip tint-nya juga berbeda banget warnanya. Produk asli punya warna pink yang pekat, cenderung merah agak gelap, sedangkan produk palsu cairan lip tint-nya berwarna merah aneh, gonjreng banget.

Dan dan dann... produk palsunya berbusa, sodara-sodara! Yaelah, ini lip tint apa sabun cuci piring? x-x
Aku kaget lho, waktu datang itu lip tint-nya berbusa gitu, haha. Tapi yang berbusa hanya shade #5 sedangkan untuk produk palsu shade #1 enggak ada busanya dan warna cairannya mirip banget dengan produk aslinya.




Aplikator Berbeda

See? Kelihatan sangat berbeda di aplikatornya. Untuk produk The Saem Water Candy Tint yang asli, ujung aplikatonya lebih panjang dan skinny. Kalau produk palsunya lebih pendek.


 
Wangi Produk Sangat Berbeda

Untuk produk yang asli wanginya enak dan fresh banget. Wanginya juga sesuai dengan varian, yang Cherry ya berbau buah ceri, yang Watermelon baunya mirip semangka yang manis. Wanginya fresh, lumayan strong tapi enggak menusuk di hidung.
Nah, produk The Saem yang palsu, wanginya enggak jelas ke mana-mana. Wanginya bukan aroma buah-buahan tapi bunga, LOL. Bau bunganya aneh, ada bau-bau bahan kimianya juga dan menyengat banget.




Swatches

Nah, ini yang jelas pasti akan berbeda, warna lip tint-nya saat di-swatch! Kalau packaging mungkin gampang ditiru, tapi kalau masalah kualitas, tentu produk abal-abal / fake / KW / replika / sesuka kamu mau nyebut apa, jelas enggak bisa meniru produk aslinya.

Dari swatches awal saja udah kelihatan banget berbeda jauh. Produk asli punya warna yang pigmented dan vivid banget. Teksturnya memang cair seperti air, tapi lebih pekat. Sedangkan produk palsunya punya pigmentasi yang payah, warna jelas beda dari yang asli dan teksturnya mirip air comberan biasa, enggak pekat sama sekali.
Yang bikin ngakak adalah fake #1. Itu pigmen warnanya kayak terpisah gitu sama cairannya. Bingung juga buat dijelasin, tapi dari foto sudah kelihatan kalau fake product hasil swatch-nya jelek banget. Nggak kebayang kalau itu diolesin ke bibir >.<



Setelah digosok dengan air


Setelah lip tint-nya dihapus pakai tisu, stain yang dihasilkan juga otomatis berbeda. Produk asli punya stain yang lebih vivid dan warnanya tetap cantik, sedangkan produk palsunya ninggalin noda yang lebih tipis. Warnanya (terutama shade #5) juga beda banget.

Setelah digosok pakai air, produk yang asli masih stay cantik di tanganku, warnanya masih kelihatan cukup jelas (terutama yang nomor #5 karena staying power-nya oke banget, sudah aku jelaskan di sini), sedangkan produk The Saem Saemmul Water Candy Tint palsu langsung bubar jalan.




Nah, kira-kira itulah perbedaan produk The Saem Saemmul Water Candy Tint asli vs palsu. Seriously, kalian jangan sampai tertipu saat beli lip tint ini maupun kosmetik lainnya. Cari seller yang terpercaya aja, jangan asal murah terus langsung beli. Karena sekarang ada banyak banget produk palsu, nggak hanya Saemmul Water Candy Tint saja.

Untuk produk Korea palsu yang banyak beredar (yang aku temukan di Shopee) di antaranya 3CE Mood dan Red Recipe Lip Color Kit (ada yang jual di bawah 50 ribu per box, busyeettt!), Etude House Color Play EyeSahdow Palette, 3CE Liquid Lip Color, Peripera Vivid Tint, Peripera Per’s Ink, dll dll dll......

So, hati-hati dan bijaklah dalam membeli, ya guys!


Must Read :

“How to Spot Fake Peripera Peri's Ink Lip Tint” from HaloTerong.com

“Real vs Fake 3CE Mood RecipeLip Color Mini Kit” from DailyBeautyTalk.com

 





THANK YOU FOR READING
HAVE A GREAT DAY!




Instagram   ׀׀   Facebook   ׀׀   Bloglovin   ׀׀   Google+   ׀׀   Twitter

8 comments:

  1. Harga murah gini masih aja ada yg fake-nya. Hedew -_-"

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
  2. Wah, serem banget ya dari jauh nggak keliatan kalo palsu lo. Sekarang banyak banget yang bela"in buat palsuin produk ya, bener-bener mesti hati-hati kalo pilih produk apalagi yang impor :(
    Helpful banget artikelnya Cintya, good job!

    xoxo,
    |CHELSHEAFLO|

    www.chelsheaflo.com

    ReplyDelete
  3. Thank you for such informative post, Cintya, in my opinion it will help to stay away from fakes. Both of these lips product look similar, but the real one is more pigmented and has deeper and better color :)Have a lovely evening, dear :)

    http://crafty-zone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. wah, ngeri banget ya ada yang palsu. padahal yang ori nya murah. Harus pinter2 kitanya yaa

    ReplyDelete
  5. zaman sekarang mah banyak pemalsuan, termasuk pemalsuan kosmetik. apalagi kalo impor. emang harus hati2 kalo beli.

    ReplyDelete
  6. Oh nice article! The real one look really more pigmented and better quality!
    I love the packaging :D

    ReplyDelete
  7. Oh wow the differences are minimal
    Great post!
    xx

    www.sakuranko.com

    ReplyDelete
  8. ampun deh, udh murah masih aja yang bikin fake nya.
    ngeri kalo sampe pake yg fake, apalagi make nya di bibir tar klo minum ketelen.
    duh serem...


    http://kireinoclouds2.blogspot.com/

    ReplyDelete

Feel free to comment because I do love reading every comment of yours. But please, do not spam;)
Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy it^^

Cintya's Beauty Blog - Indonesian Beauty Blogger © 2014