Friday, June 30, 2017

[ HEALTH ]   PRIVE URI-CRAN :  ANYANG-ANYANGAN BUKAN SEKEDAR MITOS, CEGAH DAN ATASI DENGAN TEPAT

Friday, June 30, 2017


Beberapa waktu terakhir ini saya mulai lebih memperhatikan masalah kesehatan. Bukan berarti sebelumnya saya tidak peduli pada kesehatan, ya. Namun akhir-akhir ini saya lebih selektif dalam menjaga dan mengatasi masalah kesehatan saya. Saya tidak lagi percaya pada yang namanya mitos. Iya, mitos yang seringkali membuat kita meremehkan pentingnya kesehatan.

Berbicara tentang mitos, adakah yang pernah menganut paham bahwa anyang-anyangan bisa diatasi hanya dengan melingkarkan karet gelang di jempol kaki?
Mitos yang satu ini memang absurd sekali, tapi suka atau tidak, memang masih sering digunakan orang-orang untuk mengatasi anyang-anyangan yang melanda. Termasuk saya sih, tapi beberapa waktu yang lalu, hehe.



APA ITU ANYANG-ANYANGAN?

Anyang-anyangan adalah keinginan untuk buang air kecil lebih sering namun hanya sedikit yang keluar. Biasanya anyang-anyangan juga ditandai dengan rasa nyeri, panas maupun sakit buang air kecil.
Anyang-anyangan bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu lelaki, perempuan, ataupun tua dan muda. Akan tetapi, resiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Wanita memang lebih beresiko mengidap anyang-anyangan karena saluran kemihnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih.


Wanita lebih beresiko menderita anyang-anyangan






GEJALA ANYANG-ANYANGAN

Anyang-anyangan memang tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun beberapa kondisi berikut ini secara umum dapat menjadi tanda-tanda kalau kalian bisa jadi sedang mengalami anyang-anyangan. Kondisi tersebut antara lain:
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus
  • Rasa perih ketika buang air kecil
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah
  • Merasa lelah dan kurang sehat
  • Demam

Yang pasti, anyang-anyangan akan membuat keadaan kita mejadi tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas. Kita jadi bolak-balik ke kamar kecil dan tidak bisa berkonsentrasi pada pekerjaan. Apalagi kalau menderita anyang-anyangan saat sedang kencan, duh, tengsin sekali rasanya!




PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN

Kita mungkin mengira penyebab anyang-anyangan hanyalah karena kita sering menahan buang air kecil, air untuk membasuh area intim yang kurang bersih serta arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar. Namun saat hal-hal tersebut sudah dihindari, kok anyang-anyangan tetap terjadi lagi, ya? Ternyata ada beberapa penyebab lain kenapa anyang-anyangan bisa terjadi. Yuk, kita kenali penyebabnya!




1. Bakteri E.Coli
Salah satu yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah bakteri E.Coli. Yes, bakteri E.Coli yang masuk ke dalam saluran kemih dapat menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Oleh sebab itulah kita perlu menjaga kebersihan saat sedang buang air kecil atau saat ke kamar mandi.
2. Chlamydia
Bakteri chlamydia juga merupakan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan anyang-anyangan. Penyebab anyang-anyangan pada wanita yang disebabkan oleh bakteri ini memang sering kali terjadi. Hal ini karena bakteri itu ada pada vagina wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri chlamydia bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan anyang-anyangan.
3. Alergi
Pada pria anyang-anyangan bisa disebabkan oleh faktor alergi. Alergi itu bisa disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang ada pada pasangannya setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh pria agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangan.
4. Kurang Menjaga Kebersihan
Penyebab lain timbulnya anyang-anyangan adalah kurang menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual.
5. Struktur Organ Intim yang Tidak Normal
Struktur yang tidak normal itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.

Selain hal-hal dia atas, anyang-anyangan juga dapat disebabkan karena gangguan prostat, diabetes, dehidrasi, kehamilan, alat KB, menopause, dan batu ginjal. Namun 80% kasus anyang-anyangan terjadi karena bakteri E.Coli yang menempel pada dinding saluran kemih kita. Jadi kita harus waspada nih, pada bakteri yang satu ini!



CARA MENGATASI ANYANG-ANYANGAN

Beberapa orang mungkin menganggap remeh anyang-anyangan. Ada yang menilai bahwa anyang-anyangan adalah kondisi yang normal terjadi dan tidak berbahaya sama sekali, dianggap sama seperti cegukan.
Karena sering dianggap remeh, orang cenderung percaya bahwa mengatasi anyang-anyangan cukup dengan mitos yang beredar di masyarakat, yaitu menggunakan karet gelang pada jempol kaki. Saya termasuk yang pernah menggunakan cara tersebut untuk meredakan anyang-anyangan agar segera sembuh. Dan memang bisa sembuh!
Kok bisa?

Sejujurnya sampai saat ini saya belum menemukan penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut. Saya masih ingat waktu kelas Biologi di SMA, salah satu teman saya bertanya perihal mitos karet gelang dalam mengatasi anyang-anyangan pada guru Biologi. Ibu guru sih, ngeles saja dan mengatakan kalau itu hanya sugesti, hehe. Jadi memang belum ada penjelasan yang meyakinkan untuk mitos ini.

Namun, sadarkah kalian bahwa anyang-anyangan adalah gejala awal dari Infeksi Saluran Kemih? Infeksi Saluran Kemih dapat menjadi sangat berbahaya jika tidak diatasi secara cepat dan tepat, misalnya dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Nah lho!

Hal inilah yang membuat saya tidak lagi mempercayai mitos begitu saja dan menyepelekan anyang-anyangan. Dengan karet gelang yang dilingkarkan di jempol kaki, mungkin anyang-anyangan bisa sembuh dan diatasi untuk sementara waktu, tapi bagaimana dengan dampak ke depannya?

Berpikir bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya, saya tidak lagi mengambil resiko dan main-main dalam mengatasi anyang-anyangan. Dari browsing dan mencari banyak referensi, saya menemukan satu solusi yang tepat untuk mengatasi anyang-anyangan. Yaitu dengan buah cranberry!



Buah Cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika, dikenal efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E.Coli pada dinding saluran kemih.



Masalahnya mencari buah cranberry sangat sulit dilakukan, terutama kalau kita tinggal di kota kecil. Juga hanrganya yang relatif mahal. Dan belum tentu juga penjual buahnya tahu apa itu cranberry, hihi.
Eits, jangan khawatir dulu karena sekarang sudah ada suplemen yang mengandung ekstrak buah cranberry sehingga kita tidak perlu repot mencari buahnya.


Produk suplemen kesehatan dari Combiphar ini telah terkenal ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan secara praktis dan terpercaya tentunya, bukan mitos ya, hehe.
Prive Uri-cran memiliki dua jenis produk yang berbeda, yang dapat kita sesuaikan dengan gaya hidup dan selera kita. Ada Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul dan Prive Uri-cran Plus dalam bentuk serbuk atau powder sachet.


Prive Uri-cran
Komposisi : 250 mg ekstrak Cranberry
Sediaan : kapsul
Dosis : 1-2 kapsul/hari
Isi per box : 30 kapsul



Prive Uri-cran Plus
Komposisi : 375 mg ekstrak Cranberry, 60 mg Vit. C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum
Sediaan : powder sachet
Dosis : 1-2 sachet/hari
Isi per box : 15 sachet



I think you could guess which one I like more, hehe. Yes, saya pribadi lebih suka Prive Uri-cran Plus, karena ini merupakan cara asyik dalam mengatasi anyang-anyangan. Kenapa asyik?
Karena Prive Uri-cran Plus berbentuk serbuk minuman yang bisa kita campur dengan air dingin atau hangat dengan rasa  dan aroma menyegarkan dari buah cranberry. Berasa minum jus Cranberry langsung.





Satu box Prive Uri-cran Plus berisi 15 sachet dengan dosis 1-2 sachet per hari. Harga per box berkisar antara 95.000 rupiah. Cara minumnya juga sangat praktis, tinggal diseduh dalam 150 ml air dingin atau hangat. Serbuk atau powder dari Prive Uri-cran Plus ini lembut dan mudah larut, jadi kita tidak butuh effort yang terlalu banyak saat mengaduk powder-nya.

Rasa dari Prive Uri-cran Plus juga nikmat, tidak berasa minum obat yang kebanyakan rasanya pahit. Prive Uri-cran Plus memiliki rasa yang segar, ada perpaduan sedikit rasa manis dan asam. Saya kurang tahu sih, rasa dari buah cranberry seperti apa, tapi yang jelas rasa dari Prive Uri-cran Plus ini sangat saya sukai.




Selain rasanya yang segar, Prive Uri-Cran Plus juga mengandung vitamin C dan Probiotic untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jadi tidak hanya mengatasi anyang-anyangan namun juga membuat tubuh kita menjadi lebih fit.

Baik Prive Uri-cran kapsul maupun Prive Uri-cran Plus sama-sama ampuh untuk mengatasi susah buang air kecil yang disebabkan oleh anyang-anyangan dan mencegahnya datang kembali. Dengan Prive Uri-cran kita tidak perlu khawatir lagi pada anyang-anyangan. Dan jangan lupa untuk selalu menjalankan pola hidup sehat, bersih dan teratur agar anyang-anyangan tidak menyerang kembali. Beberapa tips yang dapat kalian coba adalah:
  • Menjaga kebersihan terutama saat di kamar mandi
  • Membilas area intim dengan benar (depan ke belakang)
  • Jangan menahan buang air kecil
  • Hindari menggunakan celana dalam terlalu ketat
  • Mandi dengan air yang mengalir
  • Rajin mengkonsumsi buah / ekstrak buah cranberry yang kaya akan Proantocyanidin untuk mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih. Agar lebih praktis dan hemat, khasiat buah cranberry dapat langsung didapatkan dari produk Prive Uri-cran

Prive Uri-Cran dapat dibeli di apotek lokal maupun modern pharmacy seperti Century, Guardian, Watson, Kimia Farma, dan Viva Health dengan harga sekitar 95.000 rupiah per box.




Jadi, masih berpikir kalau anyang-anyangan dapat diatasi dengan mitos saja? Tentunya kita tidak mau dong, mengambil resiko untuk kesehatan kita? Jadi, jangan sepelekan masalah sakit saat buang air kecil. Siapa tahu penyebab sakit saat buang air kecil adalah gejala awal Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan. Yuk, cegah dan atasi anyang-anyangan dengan produk yang aman dan tepat, yaitu Prive Uri-cran!


Kunjungi website dan social media Prive Uri-cran:
Facebook : Prive Uri-cran
Instagram : @uricran.id






THANK YOU FOR READING!
HAVE A GREAT DAY!



Instagram   ׀׀   Facebook   ׀׀   Bloglovin   ׀׀   Google+   ׀׀   Twitter

3 comments:

  1. Harus bener2 konsen emang ya cyn klo urusannya dsh ke alat vital.
    Kliatannya sih sepele anyang2an, tp klo dah ngalamin ndiri begh ga nyamannya minta ampun, beseran mulu tiap menit tiap detik.
    Boleh juga ni rekomendasinya, lagian herbal ini, jadi ga semenakutkan yg obat kimia

    ReplyDelete
  2. Cranberry dalam bentuk minuman dan sehat pula untuk tubuh, perfect banget! Kadang memang kerasa anyang-anyang gitu sih cuma nggak pernah diapa-apain, jadi cuma ditunggu sampe nggak kerasa lagi. Sekarang sudah bisa jaga" dulu ya supaya nggak anyang-anyangan :)

    xoxo,

    |CHELSHEAFLO BLOG|
    |FACEBOOK| |INSTAGRAM|

    ReplyDelete
  3. Thank you for the review, dear Cintya and enjoy the Sunday!
    xx from Bavaria/Germany, Rena
    www.dressedwithsoul.com

    ReplyDelete

Feel free to comment because I do love reading every comment of yours. But please, do not spam;)
Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy it^^

Cintya's Beauty Blog - Indonesian Beauty Blogger © 2014