Saturday, December 10, 2016

WHEN SMARTPHONE MEETS BEAUTY BLOGGER – TIPS MEMAKSIMALKAN SMARTPHONE UNTUK MENJADI BLOGGER

Saturday, December 10, 2016



I’m just an ordinary girl who wants to be a power beauty blogger in the world~


Aku mengenal beauty blog sejak tahun 2012 tapi baru berani membuat blog sendiri pada akhir tahun 2015, tepatnya bulan Oktober. Jadi selama hampir tiga tahun aku cuma jadi salah satu pembaca dari sekian banyak beauty bloggers. Padahal aku sendiri punya hobi menulis sejak SD tapi enggak berani membuat blog sendiri. Alasannya? Karena aku enggak punya kamera!
Aku berpikir kalau beauty blogger harus punya kamera sendiri. Entah itu DSLR, mirrorless atau pocket camera. Pokoknya kamera dengan resolusi tinggi untuk menghasilkan foto-foto keren. Kamera yang moncongnya panjang-panjang, yang harganya jutaan itu. *sigh...


AND THE STORY BEGINS

Pertengahan tahun 2015, aku enggak punya banyak kesibukan dan lama-lama bosan juga karena sering menganggur. Kerjaannya hanya browsing dan belanja online, ngabisin saldo di ATM. Setiap mau belanja makeup, pasti cari-cari review-nya dulu. Mampir di setiap beauty blog dan akhirnya malah keracunan untuk beli makeup lain-lainnya.
Tapi dari situlah aku sadar kalau artikel dan review dari beauty bloggers sangat membantu dan berpengaruh besar apakah aku akan membeli suatu produk atau tidak. Aku jadi punya pandangan lain, kalau kita memiliki keterbatasan dari sisi visual, at least kita bisa bikin blog yang memiliki artikel bermanfaat dan enak dibaca. Yang penting informasi yang kita tulis bisa membantu orang lain.

Finally, blog ini aku buat dengan harapan bisa membantu dan memberikan inspirasi positif bagi siapa saja yang membaca, di samping menyalurkan hobi menulisku. Saat memulai blog ini aku mengandalkan kamera 5 MP dari smartphone-ku, Samsung Galaxy Grand Duos untuk mengambil foto-foto produk di setiap artikel. Bahkan di beauty blogger event pertama yang kudatangi, aku juga pakai smartphone ini lho!



DO MORE, LEARN MORE

Aku percaya kalau untuk mencapai kesuksesan itu butuh proses dan waktu. Apalagi kalau kita mengawali perjuangan mulai dari nol. Kuncinya adalah hard work, be creative dan jangan berhenti belajar.
Walaupun blogging awalnya hanya sekedar hobi untuk mengisi waktu luang, ada saatnya aku ingin serius menjadi beauty blogger. Puncaknya adalah saat aku menjadi juara di satu blogging competition yang aku ikuti. Pertama kali ikut lomba blog dan menjadi juara kedua, happy banget dong! Lebih happy lagi karena dari situ aku dapat hadiah smartphone canggih, Samsung Galaxy A5 (2016).
Sejak saat itu aku jadi lebih semangat untuk belajar menjadi ‘the real’ beauty blogger. Aku berusaha untuk rutin menulis konten di blog dan bergabung dengan berbagai komunitas blogger di social media. Dan yang lebih penting adalah belajar memperbaiki tampilan dan isi blog.

Jika kalian membaca blog ini dari awal, kalian pasti menyadari kalau foto-foto yang aku upload banyak berubah menjadi lebih blogable. I mean, fotonya lebih enak dilihat, enggak buram dan gelap. Itu karena aku memaksimalkan fungsi smartphone dalam kehidupan sehari-hari sebagai blogger.

Seperti tadi yang sudah aku tulis, aku memulai kegiatan blogging dari awal hingga sekarang dengan bermodalkan smartphone yang aku miliki. Mulai dari Samsung Galaxy Grand Duos dengan kamera 5 MP hingga sekarang berganti dengan Galaxy A5 (2016) yang kameranya 13 MP. Awalnya aku hanya bergantung pada fitur kamera smartphone untuk memotret produk. Tapi setelah belajar banyak tentang membuat konten blog yang menarik, aku baru sadar kalau ponsel pintar yang aku miliki bisa memberikan kontribusi yang lebih dari sekedar kamera saja. Dan sekarang aku sangat bergantung pada smartphone untuk menunjang aktivitas blogging-ku.
Dengan memaksimalkan smartphone, kita akan tahu kalau sebenarnya enggak butuh modal mahal kok untuk menjadi blogger. Fitur-fitur yang dimiliki smartphone ternyata bisa kita maksimalkan sebagai modal besar untuk menjadi seorang blogger.


TIPS MEMAKSIMALKAN SMARTPHONE UNTUK MENJADI BLOGGER

Be Creative With Your Smartphone’s Camera
Konten blog yang keren memang tidak lepas dari foto-foto cantik di dalamnya. Jangan salah, kamera smartphone pun bisa menghasilkan foto yang menarik asal tahu triknya.
Pastikan kalian mengambil foto dengan lighting atau pencahayaan yang tepat. Aku paling suka menggunakan lighting dari matahari langsung dan biasanya cahaya yang paling bagus itu antara jam 8 sampai jam 10 pagi. Menurutku jam segitu cahayanya terang tapi lembut dan enggak terlalu menyengat. Jangan nekat pemotretan kalau cuaca lagi mendung atau pas malam hari. Hasilnya enggak akan maksimal.



Perhatikan juga background foto yang kalian pakai. Enggak perlu beli mahal-mahal, kalian bisa memanfaatkan apapun yang ada di sekitar kalian. Bisa pakai kertas putih polos bagian belakang kalender, karpet, kain kerudung, bangku kayu atau apapun. Tambahkan juga ornamen lain untuk mempercantik foto, misalnya bunga.
Maksimalkan kamera smartphone kalian dengan pengaturan mode yang tepat. Dulu aku selalu pakai mode Auto untuk memotret, tapi sekarang lebih sering pakai mode HDR atau Pro. Kalau di mode Pro, kita bisa setting tingkat exposure, ISO dan white balance kamera. Hasilnya bisa lebih oke, cerah dan menghasilkan gambar yang lebih tajam.


Manfaatkan Aplikasi Photo Editor
Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa kita instal dan pakai melalui smartphone. Ada PicsArt, VSCO, Snapseed, Pixlr, dan lain-lain.Tinggal disesuaikan menurut kebutuhan saja. Editing di sini bertujuan agar foto yang akan kita upload menjadi semakin menarik, cerah dan warnanya tajam. Dan juga kita bisa menambahkan watermark atau logo blog pada foto yang akan kita upload. Atau bisa juga pakai filter, misalnya membuat foto agar terlihat lebih vintage. Kalau aku jarang pakai filter, lebih suka mengubah-ubah tune image saja.


Mengedit foto bukan berarti membohongi readers, selama kita tidak mengubah warna produk secara ekstrim. Kalau cuma menaikkan brightness atau contrast sih, menurutku oke oke saja kok. Tujuannya ya, agar foto lebih enak dipandang dan enggak kumal.


Manfaatkan Browser dan Email Melalui Smartphone
Kegiatan blogging juga bisa dilakukan melalui smartphone, tidak selalu harus pakai PC atau laptop. Selama smartphone terkoneksi dengan jaringan internet, kita bisa memanfaatkan browser untuk membuka blog kita sendiri maupun melakukan blogwalking ke ‘rumah’ bloggers lain. Posting artikel, menjawab komentar pembaca hingga mengganti template blog bisa dilakukan pakai smartphone juga.


Selain blogging, kita juga bisa selalu update tren terbaru seputar kecantikan dan mencari berbagai tips melalui browser yang ada di smartphone. Besides, kita juga bisa membuka website online shop favorit untuk belanja, berburu diskon atau hanya browsing produk makeup terbaru saja, kalau lagi bokek, hehee...
Yang tidak kalah penting adalah koneksikan email blog melalui smartphone agar selalu update saat ada email dari pihak sponsor. Ya siapa tahu ada brand internasional yang minta blog kita untuk menjadi ambassador produknya, hihii. Yang jelas akses langsung ke email selalu aku lakukan dengan smartphone setiap harinya. Jadi saat ada tawaran job, aku bisa merespon dengan cepat.


Instal Aplikasi Messenger dan Media Sosial
Untuk seorang blogger, khususnya yang masih pemula, penting banget untuk sering-sering mempromosikan blognya dan membangun link yang luas dengan bloggers lain. Juga untuk share ke teman-teman setiap kali kita bikin postingan baru. Cara paling efektif adalah lewat media sosial. Instagram, Facebook, Twitter, G+, bla bla blaa... Banyak medsos yang bisa kita manfaatkan, ya. Semakin aktif di media sosial, blog kita otomatis juga semakin dikenal orang lain.


Jangan lupa untuk instal aplikasi chat messenger di smartphone. Selain memudahkan komunikasi dengan teman sendiri, banyak lho grup blogger yang memanfaatkan chat messenger untuk berkomunikasi. Misalnya aplikasi Line, WeChat, WhatsApp atau yang lainnya.


Selalu Catat Ide Baru Melalui Fitur Memo
Aku sering dapat ide untuk mengisi beauty blog-ku di saat yang tidak terduga. Misalnya pas sedang jalan-jalan bareng teman, tahu-tahu ada ide muncul. Nah, buru-buru aku catat idenya di Memo smartphone-ku, biar enggak lupa. Secara ya, kita enggak mungkin selalu bawa-bawa buku ke mana pun kita pergi, padahal si ide datangnya bisa kapan dan di mana saja.

Saat menghadiri blogger event, Memo juga berperan penting untuk mencatat materi yang diberikan penyelenggara acara. Jadi saat membuat postingan Event Report, kita enggak perlu susah-susah mengingat apa saja informasi yang kita dapatkan selama acara. Aku orangnya pelupa sih, hihihii...


Stuck and Get No Idea? Refreshing Dulu Dong...
Kayaknya semua bloggers pasti pernah mengalaminya deh. Tiba-tiba stuck dan enggak tahu apa yang harus ditulis. Padahal setiap blog post itu ada deadline-nya, terutama sponsor post. Menurutku wajar sih, blogger juga butuh piknik. Eh, tapi me-refresh pikiran pakai smartphone juga bisa kok. Maksimalkan saja fitur entertainment di ponsel pintar kalian. Putar playlist musik favorit, nonton video atau nyalakan radio aja. Gratis!



See? Kehadiran smartphone sangat penting untuk menunjang aktivitas blogging yang aku lakukan. Dan semenjak berhasil memaksimalkan smartphone dalam kehidupan sehari-hari sebagai blogger, aktivitas blogging menjadi jauh lebih fun dan mudah. Sekarang aku enggak bisa lepas dari smartphone Samsung yang aku punya.
Mungkin ada yang berpikir, smartphone canggih dengan performa tangguh dan kamera bagus harganya juga mahal, kali!

Eits, jangan salah! Aku punya rekomendasi smartphone dengan performa tangguh, kamera yang canggih dan fiturnya keren tapi dengan harga yang terjangkau. Yaitu Samsung Galaxy J5 (2016) dan SamsungGalaxy J7 (2016)!


Samsung Galaxy J5 (2016)


Samsung Galaxy J5 (2016) dan J7 (2016) dibekali dengan segudang fitur keren yang bisa mempermudah kalian untuk menjadi blogger. Apa saja fitur keren yang bisa dimaksimalkan dari Samsung Galaxy J5 (2016) dan J7 (2016) dalam kehidupan sehari-hari seorang blogger?

Source



Kamera Canggih dengan Hasil HD
Pada Samsung Galaxy J5 (2016) dan J7 (2016) sudah dibekali kamera utama 13 MP Auto Focus dengan hasil HD dan kamera depan 5 MP. Kerennya, kamera depan juga memiliki LED Flash, fitur yang belum ada di smartphone-ku sekarang. So, selfie di tempat minim cahaya dan malam hari tetap bisa dilakukan dengan hasil foto berkualitas tinggi. Ada juga teknologi Palm Recognition dan Wide Selfie yang akan memudahkan kita untuk ber-selfie ria bersama teman-teman.

Source


Samsung J5 (2016) dan J7 (2016) dilengkapi lensa F1.9 pada kedua kamera yang membuat kita bisa capture photo dengan cepat dan mudah. Kecepatan untuk memotret juga didukung oleh teknologi Quick Launch. Dengan menekan tombol Home 2 kali, kamera langsung terbuka dan siap digunakan. Kita enggak akan ketinggalan moment seru apapun.
Selain itu, jika kita ingin membuat vlog, kia bisa merekam video beresolusi FHD (1920 x 1080) @30fps. Video yang dihasilkan jadi lebih keren pastinya.

Performa Tangguh
Like I mentioned before, bagi seorang blogger penting untuk menginstal berbagai aplikasi ke dalam smartphone untuk menunjang aktivitas blogging. Mulai dari aplikasi photo editor, messenger hingga media sosial. Kalau smartphone yang kita pakai enggak punya performa tangguh, bisa lemot ke mana-mana tuh.

Samsung Galaxy J7 (2016)


Di Samsung J5 (2016) dan J7 (2016) kita enggak perlu khawatir kinerja jadi lemot, karena kedua smartphone ini sama-sama menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android Marshmallow dan RAM 2 GB. Bedanya ada pada CPU yang digunakan. Samsung J5 (2016) menggunakan CPU Quad-core 1.2 GHz sedangkan J7 (2016) dibekali CPU Octa-core 1.6 GHz.
Dukungan memori internal 16 GB dan Micro SD hingga 128 GB sangat bermanfaat untuk para beauty blogger yang memang harus menyimpan banyak foto.

Layar Lebar dengan Resolusi HD dan Jaringan 4G
Aku selalu memanfaatkan browser untuk membuka blog, mencari tips dan update tren terbaru seputar kecantikan serta untuk berbelanja online. Semua itu bisa nyaman dilakukan kalau smartphone punya wide screen alias layar yang lebar.
Samsung J5 (2016) dan J7 (2016) datang dengan teknologi layar super AMOLED Capacitive beresolusi 720 x 1280 pixels. Untuk J5 (2016) lebar layarnya 5.2 inch dengan densitas ~282 ppi, sedangkan J7 (2016) lebarnya 5.5 inch dengan densitas ~267 ppi. Selain layar yang lega buat browsing dan blogging, gambar yang dihasilkan juga berkualitas tinggi. Jadi makin betah online pakai smartphone.
Blogging dan browsing juga makin cepat dengan dukungan jaringan 4G dan konektivitas wifi 802.11 b/g/n 2.4GHz.

Source


Desain Elegan dan Kuat
Selain performa yang juara, Samsung J5 (2016) dan J7 (2016) didesain dengan elegan dan menggunakan frame metal. Menjadikan tampilan kedua smartphone ini lebih kokoh dan kuat. Karena lebar layarnya berbeda, dimensi dan berat kedua smartphone ini juga berbeda.
Samsung J5 (2016) tebalnya 8.1 mm dengan berat 158 gram, sedangkan J7 (2016) beratnya 169 gram dan lebih tipis, hanya 7.8 mm. Dua-duanya tetap nyaman untuk dipegang kok, tergantung kalian lebih suka smartphone yang lebar dan tips atau yang pas di telapak tangan.
Tentunya dengan desain yang elegan dan mahal, membuat kita tampil lebih keren saat menggunakan smartphone ini. Misalnya saat mencatat ide ke dalam Memo ketika di tempat umum.

Source


Dibekali Fitur Smart Manager dan Ultra Data Saving
Fitur Smart Manager membantu kita memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan menjadi lebih mudah. Selan itu ada fitur Ultra Data Saving yang secara otomatis dapat menghemat pemakaian kuota internet kita. Jadi meskipun kita blogging dan browsing ke mana-mana, enggak perlu takut kuota cepat habis.

Source


Baterai Tahan Lama dengan Fitur Ultra Power Saving Mode
Kedua smartphone Samsung ini menggunakan removable battery dengan kapasitas yang berbeda. Samsung J5 (2016) menggunakan baterai Li-Ion 3100 mAh dan untuk J7 (2016) menggunakan baterai Li-Ion 3300 mAh. Dua-duanya sama-sama tahan lama walaupun J7 (2016) lebih unggul. Dengan baterai yang tahan lama, saat bosan kita bisa memutar file audio maupun video berulang kali tanpa takut baterai akan drop.
Jangan khawatir jika kita keasyikan browsing sampai baterai menipis karena ada fitur Ultra Power Saving Mode. Fitur ini secara dramatis mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan, memastikan smartphone tetap aktif di saat kita benar-benar membutuhkannya. Tidak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati.



Dua bersaudara Samsung J5 dan J7 ini ternyata serupa tapi tak sama, ya. Keduanya punya keunggulan masing-masing di samping persamaan yang mereka miliki. Nah, biar lebih mudah mengetahui perbedaannya, aku buatkan tabel spesifikasi dua smartphone di bawah ini.

Klik untuk memperbesar



Dengan spesifikasi, fitur dan performa yang luar biasa, Samsung J5 (2016) ternyata memiliki harga yang masih terjangkau yaitu berkisar antara Rp 3.000.000,- saja. Sedangkan Samsung J7 (2016) berada di kisaran harga Rp 3.500.000,-

Ternyata untuk menjadi blogger tidak perlu modal mahal kan? Asal kita niat dan kreatif, smartphone pun bisa kita maksimalkan untuk mulai menjadi blogger. Apalagi kalau smartphone yang kita miliki adalah Samsung Galaxy J5 (2016) atau J7 (2016) yang sangat powerful. Keunggulan dua smartphone dari Samsung ini akan membantu kita membuat konten blog menjadi semakin menarik dan profesional.

Jadi, mana yang kalian pilih, Samsung J5 (2016) atau J7 (2016)?



More about Samsung Galaxy J5 and J7: www.samsung.com


*Sumber:

http://www.samsung.com/id/

http://bagusmana.net/

http://www.bursahpsamsung.com/




THANK YOU FOR READING AND SEE YOU ON NEXT POST!




Instagram   ׀׀   Facebook   ׀׀   Bloglovin   ׀׀   Google+   ׀׀   Twitter

6 comments:

  1. Bagus banget foto foto hasil jepretan kamu, akuh mah apa atuh gak punya jiwa seni dalam soal foto memfoto hehehe...

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou:3
      aku juga masih belajar, Yan... latihan aja terus hehee

      Delete
  2. Amazing app, thanks for sharing dear*
    Great blog! I'm following you! Follow back?***
    http://omundodajesse.blogspot.pt/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for following and stopping by, Dear:)

      Delete
  3. I love your review, personally I also prefer Samsung than other brands, ha ;D At it seems that this smartphone takes a lovely photos :)

    http://crafty-zone.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agree with you, Ivonne:) I only bought and use Samsung for my smartphone since the first time:)

      Delete

Feel free to comment because I do love reading every comment of yours. But please, do not spam;)
Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy it^^

Cintya's Beauty Blog - Indonesian Beauty Blogger © 2014